Senin, 24 Juni 2013

Warna Dan Fengshui



Warna Cat Rumah Menurut Feng Shui 

Feng Shui merupakan suatu prinsip yang dipercaya kebanyakan orang-orang Timur/China, untuk dapat memperoleh keseimbangan dan aliran energi  yang menguntungkan, serta meningkatkan kesehatan dan kemakmuran bagi penghuni rumah serta menyeimbangkan Yin dan Yang dan aliran Chi
Feng Shui di dasarkan pada prinsip keseimbangan lima elemen bumi. Ke lima elemen itu adalah: kayu, logam, api, air dan tanah.

Setiap warna mengekspresikan salah satu dari kelima unsur tersebut. Dengan menggabungkan unsur-unsur secara tepat akan tercipta harmonisasi melalui energi positif feng shui di setiap ruangan kediaman Anda.


Penerapan ilmu feng shui pada properti juga erat kaitannya dengan arah mata angin yang dituju oleh bangunan tersebut. Penggunaan warna yang tepat dipercaya dapat memberikan keseimbangan energi bagi para penghuni rumah. Berikut ini keseimbangan warna yang dapat Anda ikuti untuk desain
Eksterior dan Interior rumah.

EKSTERIOR
  • Selatan diseimbangkan dengan hijau, kuning, coklat, dan krem.
  • Barat diseimbangkan dengan coklat, krem, dan biru.
  • Barat Laut diseimbangkan dengan coklat, krem, dan biru. 
  • Timur Laut diseimbangkan dengan merah, merah muda, jingga, putih, ungu, dan abu-abu. 
  • Timur diseimbangkan dengan biru, merah, merah muda, jingga, dan ungu. 
  • Tenggara biru, merah, merah muda, jingga, dan ungu.
  • Barat Daya diseimbangkan dengan merah, jingga, merah  muda, ungu, putih, dan abu-abu.
  • Utara diseimbangkan dengan putih, abu-abu, dan hijau.


INTERIOR
  • Seperti halnya Ruang keluarga merupakan tempat berkumpul penghuni rumah yang berkaitan erat dengan unsur tanah, maka daripada itu untuk menciptakan suasana yang hangat, gunakanlah warna kuning, coklat, atau krem pada dinding ruang keluarga Anda.
  • Ruang dapur memiliki unsur api. Untuk menyeimbangkannya, sebaiknya menggunakan warna-warna seperti hijau, kuning, coklat, atau krem.
  • Ruang makan sebaiknya menggunakan warna-warna seperti merah, kuning, dan coklat.
  • Untuk ruangan seperti ruang tamu, sebaiknya paduan antara warna putih dan abu-abu.

Arti Warna Dalam Prinsip Feng Shui.


Merah

Mempunyai arti semua tentang uang, perlindungan, sukacita, keberuntungan, keberanian, dan tindakan.
Warna merah akan memberi kesan memperbesar tampilan suatu object, tetapi sebaliknya memperkecil ukuran ruang. Merah adalah warna yang baik untuk memberi aksen. Warna ini sebaiknya digunakan di ruang makan, ruang tidur anak, dapur atau tempat kerja.

Ungu
Warna ini menyalakan imajinasi, intuisi, keajaiban, misteri, warna yang impresif dan spiritual. Pemilihan warna ini sebaiknya dipakai di ruang tidur atau ruang meditasi.



Biru

Warna yang membangkitkan ketenangan, kejujuran, kedamaian, kepercayaan, kebaikan, dan kebenaran. Warna biru cocok untuk ruang tidur, ruang terapi dan ruang meditasi. Sebaiknya tidak digunakan untuk ruang makan atau ruang kerja.




Hijau

Hijau menyelaraskan harmoni, kesuburan, alam, keseimbangan dan penerimaan. Warna yang menyegarkan dan meneduhkan. Hijau cocok untuk kamar mandi, ruang terapi dan conservatory. Hijau seharusnya tidak dipakai di ruang keluarga, ruang bermain atau ruang belajar.

Kuning
Kuning dapat diartikan dengan pencerahan, membantu pencernaan dan menstimulasi pikiran,
mewakili kebahagiaan, kebijaksanaan, dan menyenangkan. Kuning cocok untuk gang/koridor dan dapur. Kuning sebaiknya tidak dipakai untuk kamar mandi atau ruang meditasi.



Oranye

Warna yang  membangkitkan, menyalakan energi, optimisme, daya tahan, dan inspirasi juga warna kegembiraaan, dan kuat dalam mendorong komunikasi. Oranye dapat dipakai di ruang tidur, ruang makan dan gang/koridor. Oranye sebaiknya tidak dipakai di ruang tidur dan ruangan-ruangan kecil


Coklat

Melambangkan kesederhanaan, ketertiban, bumi, dan kerja serta berhubungan dengan stabilitas dan elegant. Warna ini cocok untuk pewarnaan pintu, jendela dan perabot atau meubel didalam rumah. Coklat dapat juga dipakai di ruang belajar. Sebaiknya tidak dipakai di ruang tidur.


Putih

Melambangkan kemurnian, kebersihan, kebaikan, keyakinan, permulaan baru dan innosens. Putih dapat dipakai di ruang tidur dan dapur. Putih seharusnya tidak digunakan di ruang makan dan ruang tidur anak.


Hitam

Melambangkan perlindungan, stabilitas emosional, uang, dan kekuasaan.Hitam adalah warna yang independent dan misterius. Warna hitam sering dipakai di ruang anak remaja. Warna hitam seharusnya tidak dipakai di ruang tidur anak.


Prinsip umum pemilihan warna menurut fengshui adalah penyeimbangan antara warna dominan dan warna pelengkap. Jika Anda memilih warna-warna terang berunsur api pada dinding ruangan, seperti merah misalnya, energi yang timbul akan sangat panas, tidak relaks dan kurang santai. Untuk menyeimbangkannya, Anda bisa tambahkan warna-warna netral atau lembut seperti putih, biru muda, cokelat muda, oranye atau hitam pada aksesoris atau furnitur ruangan supaya energi “panas” yang ditimbulkan warna merah bisa diseimbangkan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cat Tekstur Kamprot Gosok Jogja 081326767168

Cat tekstur kamprot gosok 08132 6767 168  Teknik kamprot gosok finishing Cat, akan memberi efek dramatis di setiap ruangan favorit kamu, bai...